Beranda > Farm`s, Informasi > Sekilas, Plus Minus Kambing PE

Sekilas, Plus Minus Kambing PE

pict0033Sesuai dengan realita kehidupan beternak adalah salah satu hal masuk akal didalam perkembangan taraf  ekonomi orang pedesaan terkhusus Kecamatan Kaligesing tepatnya di Desa Tlogoguwo, beberapa peluang usaha yang ada di desa kami menjadikan beberapa pertimbangan yang kuat.

Fakta yang telah ada di masyarakat kami ialah dengan beternak kambing peranakan etawa, beberapa karakteristik pendukung beternak kambing adalah sebagai berikut:

FAKTOR PENDUKUNG

  1. Pada umumnya secara teknik pemeliharaan memang relatif lebih mudah dan efisien didalam segala bidang dibandingkan dengan beternak hewan besar, seperti kerbau, sapi dan hewan sejenisnya.
  2. Sistem perkembangbiakannya lebih cepat. Dengan kurun waktu 150 hari dari indukan mulai kawin, sudah bisa kita lihat hasil cempe(anakan kambing). Dengan waktu sapih sekitar 4-5 bulan kita sudah bisa jual hasilnya.
  3. Seperti pada umumnya beternak kambing hanya diambil dagingnya, tetapi keuntungan lebih dari beternak kambing peranakan etawa memiliki 2 fungsi yaitu susu dann daging, meskipun kambing peranakan etawa lebih di pilih untuk kaum elit yang memiliki hoby sebagai hewan kesayangan bisa dibilang seperti burung perkutut.
  4. Modal awal yang dibutuhkan relatif lebih kecil dibanding beternak hewan besar.
  5. Dalam praktiknya di desa kami kambing peranakan etawa bisa dijadikan tabungan yang sewaktu-waktu bisa di jual menurut kebutuhan.
  6. Memiliki stabilitas harga, atau bisa dikatakan harga kambing peranakan etawa bisa semakin berkembang dan pasar mendunia.
  7. Penghasilan sampingan dari kambing peranakan etawa yang umum bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari ialah kotoran dan air seni kambing yang bisa kita olah menjadi pupuk kompos.
  8. Jumlah cempe  dalam setiap kali melahirkan antara 2-3 ekor cempe

FAKTOR PENGHAMBAT

Disamping beberapa faktor pendukung juga ada beberapa macam faktor penghambat, berikut beberapa faktor penghambat yang umum dirasakan para petani ternak:

  1. Para petani merasakan kesulitan untuk mencarikan pakan dengan alasan kurangnya lahan hijauan ternak.
  2. Bau kambing yang khas kadang-kadang mengurangi minat para petani ternak.
  3. Kurangnya pengetahuan dan pengalaman di dalam beternak kambing.
  4. Keterbatasan modal bagi para petani ternak.

Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi kuantitas dan kualitas kambing peranakan etawa adalah sebagai berikut:

  • Faktor perawatan

Beternak kambing etawa adalah hal yang sulit, namun tidak menutup kemungkinan setiap orang juga mampu untuk merawat dan memelihara kambing jenis peranakan etawa, meskipun dalam praktiknya perawatan kambing jenis ini tidak sama dengan kambing kambing lainnya, perawatan kambing peranakan etawa lebih rumit dan memerlukan biaya dan waktu yang serba ekstra, sebagai contoh dari segi pakan kita perlu perhatikan rutinitas untuk memberi pakan kambing pada jam-jam tertentu sesuai kebiasaan, pada saat kambing melahirkan kita juga harus membantu anakan (cempe) pada saat menyusu selama kurang lebih 2-3 hari.

  • Perawatan kandang

Dari segi kebersihan kandang dianjurkan untuk selalu bersih dan terbebas dari penyakit yang disebabkan oleh serangga ataupun bakteri untuk meminimalis terhadap beberapa penyakit di atas kita sebaiknya menggunakan kandang panggung, jangan kandang jenis lemprakan.

  • Laktasi

Masa Kering atau laktasi pada umumnya terjadi bebrapa bulan setelah cempe disapih dan dikawinkan cepat lambatnya masa laktasi juga tergantung para petani ternak, berapa bulan cempe akan di sapih semakin cepat kambing dikawinkan juga akan berpengaruh terhadap produksi susu dan mengalami masa kering atau laktasi.

  • Frekwensi pemerahan

Pada praktiknya kambing yang diambil susunya memiliki tingkat produksi yang berbeda erdasarkan pengalaman petani ternak kambing yang di perah 2 kali dalam sehari tingkat produksi susu lebih besar dibandingkan dengan kambing yang hanya diperah satu kali sehari, bisa dijadikan alasan saat kambing beranak dan menyusui cempe tingkat produksi susu lebih tinggi dengan alasan setiap berapa menit sekali cempe menyusu induknya.

  • Masa birahi

Kambing Peranakan Etawa memiliki siklus birahi yang berbeda beda tetapi bisa juga di ambil jalan tengan yang menunjukkan setiap kambing terlihat pada saat birahi, kambing peranakan etawa memiliki ciri-ciri pada saat birahi antara lain sebagai berikut :

– Kelamin betina terlihat keluar lendir putih yang menandakan jalan untuk sel sperma jantan bisa masuk lebih mudah.

-Kambing betina nampak gelisah pada saat birahi

– Ekor  kambing betina jika dipegang atau di dekati pejanjan akan bergerak kesamping kanan kiri dan berulang-ulang.

– Ada beberapa kambing yang bersuara tidak seperti layaknya kambing biasa karena kegelisahan.

– Tidak mau makan dan sulit memperhatikan keadaan disekitarnya.

  • Faktor Penyakit

ada beberapa macam penyakit yang bisa mempengaruhi kelangsungan hidup kambing peranakan etawa, antisipasi dari berbagai penyakit kita bisa melakukan pencegahan dengan berbagai macam cara baik dengan vaksin ataupun obat tradisional.

Adapun beberapa macam penyakit kambing adalah :

– ecthima contagiosa(bewel)

Penyakit ini selain disebabkan oleh virus juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor, sebagai contoh jenis pakan yang terlalu banyak bulu seperti kalanjana, rumput gajah dan sejenisnya, pada umumnya kambing yang hidup didaerah panas juga sering terjangkit penyakit ini. sedangkan ciri-ciri umum penyakit ini antara lain:

  • Luka terjadi di sekitar bibir dan rangsangan untuk makan jadi berkurang.
  • Badan kurus kering disebabkan nafsu makan tidak ada
  • jika tidak ada penanganan khusus bisa menyebabkan kematian

– Cacingan

kambing Peranakan Etawa juga sering terjangkit penyakit ini di sebabkan oleh faktor kebersihan kandang yang mungkin tidak diperhatikan oleh para petani ternak, tetapi pada umumnya penyakit cacingan juga disebabkan dari pola makanan yang tidak sehat sebagai contoh rumput muda yang masih basah ini bisa menyebabkan cacingan.

– Scabies (korep)

Penyakit scabies adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang berada disekitar kandang kambing, para petani ternak biasanya kurang memperhatikan kebersihan kandang secara rutin ataupun pemberian vaksin pada hewan tersebut. Pencegahan juga bisa di lakukan dengan membersihkan kandang secara rutin atau penyemprotan obat disekitar kandang dengan jadwal yang telah disesuaikan minimal 2 minggu sekali. ciri ciri umum yang bisa kita lihat antara lain:

  • kambing terlihat gelisah karena di sekitar badan yang terjangkit terasa gatal.
  • terjadi kerontokan bulu di sekitar badan yang terjangkit
  • pada umumnyajika tidak segera tertolong seluruh badan kambing bisa terjangkit.
  • daerah yang sering terjangkit penyakit ini di sekitar telinga, leher, atau di sekitar hidung kambing.
  • tubuh kambing kurus karena nafsu makan berkurang

– Kutu

Penyakit ini sering dan mayoritas ada di setiap hewan berbulu, penyakit kutu adalaha penyakit yang sangat mudah diatasi, namun jika tidak segera mendapat penanganan khusus kambing akan terlihat kurus, ciri-ciri kambing yang terjangkit penyakit ini umumnya bulu terlihat kusam dan tidak rapi. kita bisa melakukan pencegahan dengan berbagai macam cara, dengan peditok, vertagen, kututox ataupun jenis obat lainnya yang sudah tersedia di toko-toko.

– Mencret(diare)

terjadinya gangguan pada sistim pencernaan kambing bisa menimbulkan beberapa macam penyakit terutama diare, kambing yang terjangkit penyakit ini umumnya badan terlihat kurus disebabkan cairan dalam tubuh menjadi berkurang. jika tidak segera ada penanganan khusus bisa menyebabkan kematian, pengalaman saya penyakit ini secara tradisional bisa kita cegah dengan cara memberi pakan dengan daun yang keras, seperti daun nangka, ini bisa mengurangi penyakit ini.obat mencret untuk manusia juga bisa kita pakai seperti diapet, neo entrostop dan sejenisnya.

Sumber : kambingetawa.info

  1. eva
    Maret 6, 2011 pukul 2:36 pm

    aslkm.mau materi tentang toksoplasmosis pada kambing, kira2 di buku apa ya?

  2. Januari 28, 2013 pukul 3:36 pm

    This design is spectacular! You obviously know how to keep a reader entertained.

    Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog
    (well, almost…HaHa!) Wonderful job. I really enjoyed
    what you had to say, and more than that, how
    you presented it. Too cool!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: